Kamis, 27 September 2007

SURVAI, TERESTRIS, & PEMETAAN DIGITAL


seiring dengan kegiatan perencanaan, studi, analisis, serta kebutuhan lain. Sehingga dibutuhkan ketersediaan serta penyajian data peta secara cepat, tepat dan akurat.

Untuk mengantisipasi permasalan tersebut, dengan didukung oleh perkembangan tehnologi komputer, PT. ENVICON mengembangkan pelayanan pemetaan digital, mulai dari pemasukan data analog (digitasi), updating data sampai penyajiannya dalam bentuk peta cetak maupun program aplikasi sistem informasi geografis. Software pemetaan yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna jasa pada umumnya, yaitu software ARC/Info, ArcView, AutoCAD Map dan MapInfo.

Selain pemetaan digital, PT. ENVICON juga melayani jasa pemetaan terestris untuk tata batas kawasan, survei lapangan, pemasangan titik referensi dan kegiatan lapangan lainnya.

Bidang Penginderaan Jauh (Remote Sensing) dan aplikasi Sistem Informasi Geografis (GIS) merupakan salah satu spesialisasi PT. ENVICON. Pada bidang ini digunakan beberapa program pendukung aplikasi antara lain ARC/Info, ArcView, MapInfo dan ER Mapper. Selain kelengkapan prasarana teknis, didukung pula oleh staf ahli multi-displin ilmu pengetahuan dan spesialisasi sehingga memungkinkan PT. ENVICON untuk melaksanakan pekerjaan aplikasi GIS pada sektor kehutanan, pertanian, perkebunan, transmigrasi & perencanaan wilayah, maupun pekerjaan umum.

Data Analog dan Digital

Khusus untuk kegiatan perolehan dan pengolahan data penginderaan jauh, PT. ENVICON saat ini bermitra dengan beberapa perusahaan lain sebagai distributor data digital di Indonesia untuk melayani segala kebutuhan akan data digital seperti; Citra Satelit Landsat, IKONOS, SPOT, Radarsat maupun Foto Udara Format Kecil. Selain data citra, PT. ENVICON juga memiliki koleksi data digital perupa peta rupabumi maupun peta-peta tematik lainnya, seperti berikut.

  • Peta Topografi skala 1:250.000 untuk seluruh Indonesia, berupa data spasial dan atributnya sampai tingkat desa, termasuk data kontur.
  • Peta RBI skala 1:50.000 untuk sebagian wilayah Indonesia.
  • Peta Areal HPH/HTI Skala 1:50.000 pulau Sumaerta, Kalimantan, dan Sulawesi.
  • Peta Padu-serasi Skala 1:50.000 untuk sebagian wilayah Indonesia.
  • Peta Kontur dalam bentuk digital beberapa propinsi, skala 1:25.000 - 1:50.000.
  • Data Digital Landsat 7-TM beberapa wilayah spot di pulau Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera.
  • Data DKI Jakarta skala 1:5.000.
  • Digital Elevation Model (DEM) Indonesia.

Software GIS

(Dukungan Operasional dan Pelatihan)
Produk ESRI dan MapInfo sangat populer di Indonesia. Selain (mungkin) karena mudah dalam pengoperasian, menu, dan utility yang tersedia, kedua produk tersebut juga mempunyai kelebihan dalam konversi menjadi format GIS umum lainnya. Kedua software tersebut dapat digunakan untuk menampilkan data, memasukkan data dan menghasilkan data cetak maupun digital. Semua data spasial maupun data tabuler dapat diolah dengan keduanya dengan catatan data tersebut sudah berupa data digital. Untuk kebutuhan analisis GIS, seperti tumpang susun peta beserta atributnya, software yang biasa digunakan adalah ARC Info. Selain tenaga ahli yang telah mengenal dengan baik ARC info, juga disebabkan software ini memiliki kemampuan analisis yang lebih kompleks dibandingkan dengan Software GIS lainnya.

Program Aplikasi & Sistem Informasi

Dalam era globalisasi, sistem informasi mempunyai peranan penting dalam persaingan yang membutuhkan pertukaran data secara cepat, tepat, dan akurat. PT. ENVICON selalu mengikuti perkembangan sistem informasi baik melalui jurnal, buletin, maupun jaringan internet.
Dengan didukung tenaga profesional dalam bidang sistem dan pengembangan informasi, PT. ENVICON memberikan pelayanan dalam berbagai bidang sistem informasi, termasuk studi dan pelaksanaan perencanaan, studi aplikasi dan pelatihan, rancangan sebuah sistim, serta memberikan dukungan software maupun hardware yang dibutuhkan.

Salah satu bentuk pengembangan bidang ini adalah pembuatan program aplikasi berbasis sistem informasi database maupun sistem informasi geografis (GIS), bahkan penggabungan kedua sistem tersebut dalam sebuah sistem informasi database berbasis GIS. Aplikasi sistem informasi yang dikembangkan harus memenuhi kebutuhan spesifik untuk perencanaan, pengawasan, manajemen, pengelolaan, dan evaluasi kegiatan yang dilaksanakan. Programer, sistem analis, ahli database yang didukung oleh operator komputer yang handal dan berpengalaman, merupakan salah satu keunggulan PT. ENVICON dalam lingkup pekerjaan sistem informasi.

1 komentar:

UNWRITTEN mengatakan...

saya mau tau tentang artikel sebuah pemetaan